Rabu, 31 Oktober 2012

Proses manejemen strategik

Proses dalam manajemen strategik terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu: pemformulasian strategi, implementasi strategi, dan pengevaluasian strategi.

Tahap performulasian strategi meliputi pengembangan visi dan misi, pengidentifikasian kesempatan-kesempatan dan ancaman-ancaman eksternal, penentuan kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan internal, membangun tujuan jangka panjang, membuat strategi-strategi alternatif, dan memilih strategi tertentu untuk dilaksanakan.

Implementasi strategi mengharuskan perusahaan untuk membuat tujuan-tujuan tahunan, kebijakan-kebijakan, pegawai-pegawai yang termotivasi, dan pengalokasian sumber daya sehinggga strategi dapat dijalankan. Pelaksanaan strategi meliputi pengembangan budaya yang mendukung strategi, menciptakan struktur organisasi yang efektif, mengarahkan kembali usaha-usaha pemasaran, mempersiapkan anggaran, mengembangkan dan memberdayakan sistem informasi, dan menghubungkan antara kompensasi pegawai dengan kinerja organisasi. Setelah strategi diformulasikan, mereka harus diimplementasikan

Evaluasi strategi merupakan tahap terakhir yang dijalankan dalam manajemen strategik. Manajer perlu mengetahui ketika strategi yang dijalankan tidak berjalan dengan benar, dan evaluasi strategi merupakan suatu proses yang memang ditujukan untuk mendapatkan informasi ini. Semua strategi merupakan subjek bagi perubahan di masa depan karena faktor-faktor internal dan eksternal berubah secara konstan.

Tiga aktivitas yang fundamental dalam evaluasi strategi adalah

  • mereview eksternal dan internal faktor yang menjadi dasar bagi strategi saat ini
  • mengukur kinerja
  • mengambil tindakan perbaikkan (koreksi).
Perencanaan strategik, sebagai bagian dari proses manajemen strategik, berkaitan dengan pengidentifikasian arah tujuan institusi untuk jangka panjang. Hal ini merupakan suatu proses yang berkelanjutan, dimana siklus aktivitasnya terdiri tiga fase, yaitu:
  • Perencanaan (planning) – riset dan analisa strategi dan perencanaan, menciptakan ide-ide dan pilihan-pilihan
  • dokumentasi (documentation) – mendokumentasi rencana yang telah disusun
  • implementasi dan pengawasan (implementaion and monitoring)– mengambil tindakan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati, dan mengawasi perkembangan atau pencapaian agar dapat mengadaptasi starategi masa depan.