Rabu, 31 Oktober 2012

Membuat diagram fishbone ( daftar penyebab atau analisa penyebaran)

Diagram Fishbone mempunyai kelebihan yang sangat baik. Karena secara alami orang lebih suka ketika mendapat hak menentukan apa yang akan dilakukannya ketika menghadapi suatu permasalahan. Diagram ini dapat membantu untuk menggali lebih dalam isu yang ada dibalik permasalahan yang akan mengarahkan pada penyelesaian permasalahan yang lebih baik.

Untuk menyusun sebuah diagram fishbone, dapat dimulai dengan menyebutkan permasalahan dalam bentuk pertanyaan. Membuatnya dengan kata tanya ’mengapa’ akan membantu brainstorming, dengan demikian setiap akar permasalahan seharusnya menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Tim harus menyepakati pernyataan dari permasalahan yang dibahas kemudian menempatkan pertanyaan ini di kepala dari diagram fishbone.

Bagian tulang ikan lainnya akan terdiri dari garis membujur yang mewakili pernyataan permasalahan utama dan beberapa garis atau tulang ikan lainnya menyilang secara vertikal dari garis utama. Masing-masing percabangan tulang ikan ini mempunyai kategori yang berbeda satu dengan lainnya. Kategori-kategori inilah yang digunakan untuk membuat keputusan.